5 Metode Penulisan Artikel yang Baik bagi Pemula

Merupakan sebuah kalimat yang disusun oleh seorang penulis yang terkandung sebuah tujuan yang di dalamnya di dalam tulisan tersebut. Itulah mengapa setiap orang memiliki hak untuk menulis sebuah artikel untuk menggambarkan seperti apa pandangan mereka terhadap suatu hal. Lalu apa saja metode penulisan artikel yang baik khususnya untuk para pemula?

Sebagai Pemula Ini Metode Menulis yang Baik

Menulis artikel yang menarik dan berkualitas itu bisa dibilang bukan hal yang gampang untuk dilakukan. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk bisa mempunyai wawasan serta pandangan yang luas. Dengan begini maka aka bisa bisa muncul ide-ide kreatif yang mana biasanya akan dituangkan ke dalam sebuah kata maupun kalimat.

Semua orang tentu saja bisa membuat artikel, namun tidak semua mampu mempraktikkan seperti apa cara menulis yang baik dan benar sesuai dengan metode penulisannya. Dan berikut beberapa metode menulis artikel yang pemula bisa bisa ikuti, diantaranya:

1.    Pemilihan Topik

Cara menulis artikel pertama yaitu harus dimulai dengan menentukan tema. Dalam hal ini pastikan jika Anda sudah menentukan apa saja yang menjadi tema yang sesuai keinginan. Selain itu, usahakan untuk mencari apa saja yang mudah dipahami oleh kalangan masyarakat luas.

2.    Menentukan Angle

Ini adalah metode penulisan artikel selanjutnya, dimana setelah Anda sudah menentukan topik, maka Anda harus menentukan seperti apa sudut pandang dalam membuat artikel. Sudut pandang ini kerap sekali juga disebut sebagai angle.

Angle inilah yang nantinya membuat artikel Anda sering terlihat berbeda dari artikel orang lain. Tentu saja memilih angle merupakan sebuah kunci cara menulis artikel yang akan memudahkan penentuan judul. Oleh sebab itu buatlah judul sesuai dengan topik yang diinginkan.

3.    Pahami Setiap Referensi

Selanjutnya dalam menulis artikel yang baik dan benar untuk para pemula khususnya yaitu dengan memahami setiap referensi mengenai topik yang Anda tentukan. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengumpulkan sumber bacaan lain yang dipakai untuk menulis artikel Anda sendiri.

Referensi ini bisa saja Anda ambil di buku, website, jurnal ilmiah dan sebagainya. Referensi ini pun nyatanya bukan untuk Anda tiru, namun hanya untuk dipelajari tentang berbagai hal yang mungkin Anda belum tahu mengenai topik tersebut.

4.    Mengumpulkan Bahan Artikel

Langkah selanjutnya dalam menulis yaitu dengan mengumpulkan bahan. Penulis biasa akan memakai tiga hal untuk mengumpulkan bahan, yakni riset, observasi, serta melakukan wawancara. Atau bisa juga dengan memilih salah satu dari mereka.

Jika misalnya bahan sudah cukup dan matang, maka metode menulis artikel bisa dilanjutkan dengan cara menyusun kerangka tulisan. Hal ini perlu dilakukan supaya nanti tulisan bisa tersusun secara sistematis.

5.    Menambahkan Foto Penunjang

Memberikan gambaran terhadap artikel yang sesuai dengan topik merupakan metode penulisan artikel akan membuat artikel semakin menarik. Dalam hal ini artikel tersebut akan memakai visual untuk memperjelas konsep tertentu.