7 Bahan Alami Pengusir Tikus

            Tikus bisa jadi musuh manusia karena dia hidup di tempat yang kotor. Mulai dari tempat sampah, selokan dan pipa dapat menjadi tempatnya bersarang. Tak bisa dipungkiri lagi jika tempat seperti menjadi sarang dan sumber bakteri. Datangnya tikus kemudian dapat menjadi ancaman untuk kesehatan manusia. Beberapa penyakit seperti Leptospirosis, Pes, Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) dan Rat Bite Fever (RBF) dapat disebarkan oleh hewan pengerat satu ini. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan manusia untuk mencegah datang tikus ke dalam rumah. Penggunaan bahan kimia juga kerap dilakukan. Namun, untuk lebih mempermudah dan memperkecil terkenanya efek negatif dari bahan kimia, beberapa bahan alami di bawah ini dapat menjadi alternatif untuk cara mengusir tikus.

1. Telur

            Telur merupakan makanan yang mengandung protein. Setelah memasak telur untuk dikonsumsi ada baiknya cangkang telur disisihkan dan disimpan telebih dahulu karena dapat dimanfaatkan untuk membuat tikus kapok untuk datang ke rumah. Cara penggunaannya ialah dengan menghancurkan cangkang telur tersebut dengan menggunakan alat penumbuk atau blender setelah telur dijemur dan kering. Setelah itu, letakkan pada area rumah terutama tempat yang biasanya menjadi favorit tikus berdatangan.

2. Kulit Durian

            Durian memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi manusia. Durian dapat mengeluarkan bau yang menyengat. Bau inilah yang kemudian sangat dibenci oleh tikus. Sebelum dibuang, ada baiknya kulit durian tersebut dimanfaatkan sebagai pengusir tikus. Caranya dengan meletakkan kulit durian di tempat-tempat tikus berkeliaran di rumah.

3. Baking Soda

            Jika kamu pernah melihat bentuk kue yang mengembang, berarti kue tersebut telah dicampurkan baking soda. Baking soda kerap digunakan untuk bahan pembuat kue. Tidak apa menyisihkan sedikit untuk menjerat tikus-tikus yang berkeliaran di rumah. Letakkan bahan pembuat kue tersebut pada makanan yang menjadi target tikus biasanya. Saat memakannya, nyawa tikus bisa saja tak terselamatkan. Gas yang berasal dari soda menyebabkan tikus mati karena keracunan dan menyebabkan perut tikus membesar.

4. Bubuk Merica

            Sebagian manusia mungkin alergi pada bahan masakan satu ini. Ketika menghirup merica, hidung manusia bisa menjadi gatal dan menyebabkan bersin. Jika merica memberikan dampak pada indra penciuman manusia, tikus yang memiliki penciuman yang lebih sensitif tentu juga dapat merasakan dampaknya. Taburkan bubuk merica pada sela-sela rumah agar tikus tak berani lagi untuk bersandang ke dalam rumah.

5. Kantung Teh

            Memanfaatkan bau-bau yang berasal dari bahan-bahan tertentu mampu untuk membuat tikus melarikan diri. Salah satunya adalah dengan menggunakan kantung teh bekas yang telah digunakan. Aroma dari kantung teh tersebut dapat mengusir tikus dengan cara menebarkannya di beberapa jalur lintasan tikus. Teh peppermint bisa menjadi opsi untuk menambah bau yang terkesan tajam.

6. Kulit Jengkol

            Menjadi makanan favorit sebagian manusia, jengkol juga dapat menjadi makanan yang paling dihindari manusia karena baunya yang tak sedap. Hal itu berlaku juga untuk tikus yang membenci aroma jengkol tersebut. Sama seperti telur, kulitnya dapat digunakan sebagai penangkal tikus untuk datang ke rumah. Blender kulit jengkol hingga berubah bentuk menjadi cairan dan semprotkan ke beberapa tempat yang disukai tikus.

7. Bubuk Kopi

            Aroma kopi hitam termasuk aroma yang tajam bagi para tikus. Hal ini kemudian dapat menjadikan kopi sebagai salah satu bahan pengusir tikus. Cara penggunaannya juga jauh dari kata ribet. Cukup taburkan di sudut-sudut rumah tempat tikus bertamu. Ketika mencium aroma kopi tersebut, tikus akan kapok untuk datang ke rumah.