Jeruk Memang Bagus untuk Kesehatan, Namun Begini Cara Mengonsumsinya Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Buah jeruk memang mudah untuk dijumpai di Indonesia, bahkan tak kenal musim, karena memang hampir sepanjang tahu Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Hanya saja memang di beberapa waktu tertentu harganya akan jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan biasanya. Buah yang satu ini memang kerap kali diidentikkan dengan vitamin C, karena memiliki rasa yang asam dan juga warnanya yang kuning. Padahal sebenarnya masih ada buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk.

Kandungan Gizi dalam Buah Jeruk

Ada serangkaian senyawa bermanfaat yang terdapat dalam buah jeruk, diantaranya adalah:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.
  • Lemak.
  • Vitamin C.
  • Thiamin.
  • Folat.
  • Kalium.
  • Fenolat.
  • Karotenoid.

Tips Mengonsumsi Jeruk dengan Benar

Dalam mengonsumsi buah jeruk sendiri pada dasarnya ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan, hal ini ditujukan untuk membuat Anda mendapatkan nutrisinya secara optimal, tidak ada yang hilang, yaitu:

  1. Tidak perlu mencuci daging buah jeruk, cukup bagian kulit luarnya saja yang dicuci, sedangkan untuk daging buah dalam dibiarkan guna menjaga agar tidak ada vitamin larut air yang hilang.
  2. Paling bagus dikonsumsi secara langsung, tidak perlu dibersihkan bagian kulit putihnya. Beberapa diantara Anda mungkin banyak yang harus membersihkan kulit putih yang melapisi bulir-bulir jeruk tersebut, padahal sebenarnya bagian ini kaya akan kandungan serat yang justru bagus untuk sistem pencernaan.
  3. Hindari menambahkan bahan lain ketika mengonsumsinya, misalkan saja gula maupun susu, meskipun akan menambah cita rasanya kian nikmat, justru kurang bagus karena akan membuat buah ini lebih tinggi kandungan gulanya.
  4. Jika ingin mengonsumsi jus jeruk, maka cukup diperas sarinya saja, hindari untuk memblender ditambah dengan air bahkan juga bahan-bahan pemanis yang lainnya. sehingga nantinya nutrisi yang bisa Anda dapatkan juga optimal.

Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Konsumsi buah jeruk ini nyatanya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh, tak bisa dipungkiri jika seandainya buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, sumber antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Jadi sangat bagus digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat, konsumsi buah yang satu ini ternyata juga sudah terbukti bagus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, apalagi seperti yang diketahui bahwa kolesterol jahat inilah yang dapat memicu beragam jenis penyakit berbahaya bagi tubuh.
  3. Bagus untuk kesehatan mata, kombinasi antara vitamin C dan juga E yang ada dalam buah ini bagus untuk cegah terjadinya katarak. Apalagi memang resikonya semakin tinggi menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut.
  4. Melindungi jantung, dengan terjaganya kadar kolesterol dalam darah, maka dampak jangka panjangnya adalah bagus untuk kesehatan jantung Anda.
  5. Mendukung kesehatan tulang, hal ini tidak terlepas dari kandungan kalsium yang ada dalam buah tersebut.

Buah jeruk segar dari beragam jenis sekarang ini bisa dibeli secara lebih mudah online. Tanpa harus takut akan rusak pada saat pengiriman. Karena memang Anda dapat membelinya lewat aplikasi dari TaniHub. Mereka secara khusus menjual beragam jenis produk hasil pertanian, tentunya langsung dari para petani lokal yang ada di Indonesia, sehingga kondisi barangnya masih fresh. Ayo belanja sekarang juga.