Nestle Memprakarsai Pengembangan Desa Lewat Kakao

Di tahun 2011 tepatnya di tanggal 25 juli, nestle Indonesia menyelenggarakan sebuah lokakarya yang bertempat di Surabaya untuk mendiskusikan cara – cara untuk mengembangkan persusuan di Indonesia yang dihadiri bersama dnegan pejabat pemerintah, LSm, academia, peternak sapid an pemangku kepentingan persusuan lainnya. Lokakarya tersebut berlanjut tanggal 27 juli 2011 di makassar tentang pengembangan kakao yang berkelanjutan di Indonesia. Selain membahas tentang persusuan dan kakao, lokakarya tersebut juga membahas tentang cara pembangunan pedesaan yang berkelanjutan di Indonesia.

Pembangunan pedesaan ini merupakan praktik dari pertanian yang berkelanjutan yang tentunya akan sangat membantu masyarakat terutama para kaum hawa dan generasi muda pedesaan untuk mendapatkan penghasilan yang tetap, melindungi dari dampak ekonimi global serta pelestarian lingkungan tentunya. Dengan perbaikan kondisi kehidupan ini tentunya akan sangat membantu masayarakat desa untuk keluar dari jurang kemiskinan dan kelaparan serta membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

Kedua lokakarya terkait pembanguan dari desatersebut merupakan sebuah tindak lanjut dari world Economic Forum Asia Timur yang sudah di adakan pada bulan Juni sebelumnya di Jakarta dimana nestle telah mengulangi komitmennya untuk turut serta dalam mengembangkan pertanian melalui kemitraan public dan swasta. Pembanguan desaini dirasa memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat desa baik dari segi materiil maupun imateriil dengan cara menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan untung membantu meningkatkan prduktivitas dan kualitas yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan ekonomi di desa.

Manfaat dari pembangunan desa

Dalam pengembangan pertanian kakao di Indonesia hasil dari lokakarya tersebut mampu memberikan ide dan pemikiran yang mampu untuk menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan untuk membantu produktivitas dan kualitas dari kakao di Indonesia. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengembangan ekonomi di desa dan kondisi kehidupan dari para petani kakao.

Nestle sendiri pada kesempatan ini meluncurkan sebuah program kemitraan public dan swasta yang akan membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas dari tanama kakao milik mereka. Pada program tersebut berfokus pada kegiatan membantu petani lewat pelatihan dan pendampingan, keahlian tanaman, pasokan serta peningkatan kehidupan.

Ide dan pemikiran dari program pembangunan desa

Focus dari program ini diantaranya adalah membantu petani dalam pemberian bantuan teknis tentang praktek pertanian yang lebih efisien, keahlian tanaman, fasilitas sub stasiun di pertanian rakyat, melaksanakan transparansi harga serta memberikan harga premium bagi produk yang berkualitas dan membantu mengembangkan program untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sesuai dnegan kebutuhan mereka dan berfokus pada gizi, air serta pembangunan pedesaan.

Bagi nestle, keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang adalah dengan memberikan manfaat bagi masyarakat luas agar mereka mempunyai kehidupan yang lebih baik melalui pembangunan pedesaan yang berkelanjutan.

pembangunan pedesaan dapat terwujud dengan kerjasama yang baik antara masyarakat desa dengan para pemangku pemerintahan serta pihak swasta.