Perbedaan Kertas Laminasi dan Non Laminasi

Jika diperhatikan dengan lebih detail, maka perbedaan kertas laminasi dan non laminasi sebenarnya sangat kentara. Meskipun faktanya ada beberapa jenis laminasi baik yang mengkilap maupun tidak mengkilap. Ada beberapa cara untuk mengetahui perbedaan di antara kedua jenis kertas tersebut.

Laminasi vs Non Laminasi

Pelapisan kertas atau biasa disebut laminasi merupakan salah satu layanan yang diberikan dalam proses pencetakan buku di tempat cetak buku. Terdapat beberapa jenis laminasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk membedakan kertas yang sudah dilaminasi dan belum berikut ulasannya:

1. Permukaan Kertas

Anda bisa membedakan antara kertas yang dilaminasi dengan tidak dengan cara meraba permukaan kertas tersebut.kertas polos yang sudah dilaminasi biasanya memiliki permukaan lebih halus. Berbeda dengan kertas non laminasi yang meskipun sangat halus sekalipun, tekstur kasarnya masih ada sedikit terasa.

Terutama untuk jenis kertas yang dilaminasi glossy, biasanya ketika diraba permukaannya lebih mengkilap dan licin. Bahkan saking halusnya Anda tidak akan merasakan tekstur kasar sedikitpun pada permukaan kertas yang sudah dilaminasi jenis glossy tersebut.

2. Hasil Cetakan Pada Kertas

Cara paling mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah kertas tersebut sudah dilaminasi atau belum adalah dengan mencoba memercikan air di atas kertas. Jika tinta kertas tersebt lama-lama luntur, artinya kertas tersebut tidak dilaminasi.

Berbeda dengan kertas yang dilaminasi biasanya lebih tahan terhadap percikan air sekalipun sehingga tidak akan mudah luntur.

3. Hasil Pantulan Cahaya

Kertas tanpa laminasi biasanya tidak akan menimbulkan pantulan cahaya seperti halnya kertas yang sudah dilaminasi doff maupun glossy. Meskipun faktanya laminasi doff tidak selicin dan berkilai seperti glossy, namun tetap akan muncul pantulan cahaya ketika mengarahkan cahaya pada kertas.

Pantulan tersebut tidak akan sekuat pantulan pada kertas laminasi lainnya, namun tetap akan terlihat kemunculannya.

Perbedaan kertas laminasi dan non laminasi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang mungkin masih bingung apakah perlu menggunakan laminasi atau tidak. Setidaknya ada bayangan bagaimana ciri-ciri dan karakter kertas yang dilaminasi dengan yang tidak.