Persatuan Futsal Indonesia Selain FFI, Emang Ada?

Persatuan futsal Indonesia yang banyak dikenali warga ialah Liga Futsal Indonesia sebagai tubuh sah di bawah PSSI sebagai organisasi induk untuk semua tipe olahraga sepak bola di Indonesia.

FFI dibuat di tahun 2014 lalu. Awalannya, FFI namanya Federasi Futsal Indonesia (AFI) saat awalnya dibuat sampai pada 2015 beralih menjadi Liga Futsal Indonesia (FFI) dan berlaku hingga saat ini. FFI diprakarsai oleh PSSI buat gantikan organisasi awalnya, Tubuh Futsal Nasional.

Jadi organisasi sah, FFI bertanggung-jawab untuk melangsungkan perlombaan professional dalam cabang olahraga futsal bertaraf nasional. Dari sisi mengadakan laga, FFI bertanggung-jawab atas club futsal, beberapa pemain dan tim nasional futsal Indonesia.

Persatuan Futsal Indonesia Selainnya FFI

Federasi Futsal Propinsi dan Federasi Futsal Kota/Kabupaten

Dalam jalankan pekerjaannya, Liga Futsal Indonesia ditolong oleh organisasi futsal pada tingkat yang lebih rendah. Ada Federasi Futsal Propinsi (AFP) dan Federasi Futsal Kota/ Kabupaten (AFK).

Ke-2  organisasi itu bertanggungjawab atas aktivitas futsal di wilayah. Selainnya laga di cakupan daerahnya, organisasi itu bertanggung-jawab atas club dan penelusuran pemain futsal berpotensi.

Federasi Sekolah tinggi Futsal Indonesia (AAFI)

Pertama kalinya berdiri pada 10 Maret 2013, Federasi Sekolah tinggi Futsal Indonesia dibuat sebagai tempat untuk beberapa pemilik dan aktivis sekolah tinggi futsal yang semakin berkembang dari hari ke hari.

Futsal memang dipandang lumayan menjanjikan di Indonesia, kelihatan dari makin banyak muncul sekolah tinggi atau sekolah khusus untuk beberapa olahragawan futsal. Yak cuman di daerah sekitaran Ibu Kota, sekolah tinggi futsal makin banyak ada di wilayah lain di pelosok Indonesia.

Makin bertambahnya sekolah tinggi atau sekolah futsal yang ada, memacu beberapa praktisi futsal Indonesia membuat organisasi ini. Arah intinya, tidak lain sebagai tempat berunding dan share pengetahuan antara sama-sama praktisi sekolah tinggi futsal Indonesia.

Karena ada persatuan futsal Indonesia yang beroperasi di sektor sekolah tinggi ini, diharap bisa terbentuk sebuah kurikulum pengajaran futsal yang bagus dari dasar sampai ke atas. Dengan begitu, sekolah tinggi menjadi lokasi yang pantas dan berkualitas untuk pelajari futsal.

Tidak cuman dipakai sebagai tempat tatap muka untuk beberapa praktisi sekolah tinggi, Federasi Sekolah tinggi Futsal Indonesia teratur mengadakan laga futsal untuk kelompok umur dini. Salah satunya, U-10, U-13 dan U-16.

Walau dibuat secara berdikari oleh beberapa praktisi sekolah tinggi futsal, tapi organisasi di bagian futsal yang ini sudah dianggap Liga Futsal Indonesia jadi sebuah organisasi yang legal yang bergerak untuk lebih memajukan dunia futsal Indonesia sekalian membuat beberapa pemain futsal andal di masa datang.

Liga Futsal Tuli Indonesia (FFTI)

Persatuan futsal Indonesia selainnya FFI setelah itu Liga Futsal Tuli Indonesia. Menampung beberapa olahragawan disabilitas, khususnya tuli agar bisa salurkan talentanya bermain futsal, Liga Futsal Tuli Indonesia sudah bergerak dengan baik sekali.

Jarang-jarang ada yang mengetahui jika Liga Futsal Tuli Indonesia bahkan juga sudah mempunyai tim nasional sendiri. Tidak main-main, bahkan juga organisasi ini sudah mempunyai dua team as futsal, putra dan putri.

Terkini, tim nasional futsal tuli Indonesia ikut bertanding dalam Asia Pacific Deaf Futsal Championship 2019 putra atau putri. Walau kurang penyiapan karena minimnya sumber daya, tapi tim nasional futsal tuli Indonesia sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional. Tim nasional futsal tuli putri sukses finis di rangking ke-3  dalam persaingan itu.

Dikutip dari satuina.com, Liga Futsal Tuli Indonesia malah ada di bawah Pergerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) bukannya FFI. Meskipun begitu, FFI sudah mengaku kehadiran Liga Futsal Tuli Indonesia.

Itu beberapa persatuan futsal lain selainnya FFI di Indonesia.

Untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut mengenai futsal, sepakbola, hingga esport bisa kunjungi satuina.com