Salah Memilih Peralatan Dapur? Ini Bahaya Menggunakan Spatula Plastik!

FULLĂ„NDAD peralatan dapur, set isi 5, abu-abu | IKEA Indonesia

Apakah Anda salah satu yang suka memasak? Untungnya, memasak adalah kegiatan menyenangkan yang memungkinkan kita menyalurkan kreativitas dan seni melalui hidangan yang kita siapkan. Namun dibalik hobi memasak, tahukah Anda, peralatan dapur dan bahan yang digunakan untuk memasak?

Sebagian besar orang masih asing dengan istilah peralatan dapur yang digunakan untuk memasak, kecuali untuk peralatan umum seperti sendok, wajan, teflon, mangkok dan lain-lain. Meskipun salah satu peralatan dapur ini sering ditemukan di dapur, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan spatula.

 

Bahaya Spatula dari Plastik dan Aluminium

  1. Mudah Meleleh Saat Terkena Panas

Kebanyakan spatula terbuat dari plastik, terutama yang terlihat menarik melalui penggunaan warna yang berbeda. Namun di balik spatula plastik yang indah, efeknya sangat berbahaya.

Peralatan dapur seperti spatula berbahaya bila digunakan pada makanan panas karena dapat meleleh, memungkinkan senyawa berbahaya yang meleleh terserap ke dalam makanan.

 

  1. Dapat Menyebabkan Keracunan

Efek yang lebih berbahaya seperti keracunan juga bisa disebabkan oleh jenis spatula plastik yang digunakan. Misalnya, jika Anda menggunakannya untuk memasak atau mengaduk makanan panas, plastik dapat melepaskan racun ke dalam makanan dan menimbulkan risiko keracunan bagi pengguna.

 

  1. Memicu Osteoporosis

Apakah Anda memiliki semacam spatula aluminium di rumah? Dia memutuskan untuk tidak menggunakannya mulai sekarang. Tahukah Anda bahwa kandungan aluminium dalam spatula yang melebihi dosis normal dalam tubuh dapat memicu osteoporosis?

Hal ini tentu saja dapat menghambat pertumbuhan tulang karena senyawa aluminium dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi untuk metabolisme tubuh.

 

Jenis Spatula yang Aman Digunakan

  1. Spatula Kayu

Daripada memilih jenis spatula yang mengandung plastik, tidak ada salahnya memilih jenis spatula yang berbahan kayu. Salah satu kelebihannya adalah permukaannya tahan lama dan tidak tajam, sehingga tidak merusak panci atau wajan Anda.

Selain itu, spatula kayu jenis ini tidak menyerap panas, sehingga dapat digunakan dengan aman bahkan pada suhu tinggi. Untuk dekorasi dapur Anda, spatula kayu jenis ini juga dapat mempercantik penataan dapur karena didekorasi dengan elemen kayu alami.

 

  1. Spatula Stainless Steel

Contoh jenis spatula yang aman digunakan adalah yang berbahan stainless steel. Ada tiga ukuran mulai dari ukuran mulai dari kecil, sedang dan besar.

Spatula ini cukup aman digunakan bahkan saat terkena makanan panas. Ketahanan spatula stainless steel jenis ini cukup lama, tetapi jangan pernah menggunakannya di wajan anti lengket.

 

  1. Spatula Silikon

Spatula jenis ini biasanya terbuat dari bahan silikon warna warni yang lucu sehingga menarik untuk digunakan dalam memasak. Spatula silikon jenis ini juga dikatakan lebih populer daripada yang lain.

Keuntungan dari spatula silikon jenis ini adalah lebih tahan panas terhadap suhu makanan tinggi daripada spatula kayu. Bahan silikon lebih tahan panas; terutama pada suhu yang jauh lebih tinggi sekitar 315 derajat Celcius dan lebih anti lengket dibandingkan bahan lainnya.

 

  1. Spatula Nilon

Sama seperti bahan anti lengket di wajan, spatula nilon juga cukup aman selama tidak tergores dan benda tidak masuk ke makanan. Spatula anti lengket banyak jenisnya yang berbahan nilon dengan desain sirip yang tebal dan kurang fleksibel saat digunakan untuk memasak di atas wajan datar.

Jika Anda memiliki spatula jenis ini, pastikan Anda tidak menggunakannya untuk makanan panas.