Sebelum Investasi, Kenali 7 Perbedaan Altcoin VS Bitcoin

Perbedaan Altcoin VS Bitcoin sebenarnya ada beberapa yang tak banyak orang ketahui. Hal ini sebab altcoin merupakan produk penyempurnaan dari bitcoin. Kalau Anda sedang ingin memulai investasi dan tertarik dengan instrumen ini, simak pembahasan berikut.

Perbedaan Altcoin VS Bitcoin dari Segi Pengertian

Altcoin umumnya merupakan alternatif dari Bitcoin. Kombinasi kata “alt” serta “coin” memiliki makna alternative coin.

Altcoin menawarkan fitur yang sebelumnya tak terdapat di Bitcoin. Altcoin dinilai mempunyai cara yang lebih efisien sekaligus murah ketika bertransaksi lewat internet.

Sedangkan, untuk definisi Bitcoin sendiri, mata uang digital tersebut adalah alat pembayaran yang amat potensial guna dijadikan instrumen investasi.

Perbedaan Altcoin VS Bitcoin dari Segi Pengembangan

Sebagian besar Altcoin dirancang sebagai wujud penyempurnaan dari Bitcoin. Tiap Altcoin mempunyai berbagai fitur yang lebih baik daripada dengan Bitcoin.

Baik itu dari segi biaya mining, kecepatan transaksi, maupun faktor lainnya.

Jumlah Ketersediaan Bitcoin dan Altcoin

Bitcoin mempunyai keterbatasan suplai. Mulai awal diciptakan, Satoshi Nakamoto sudah menetapkan hanya terdapat 21 juta BTC saja di dunia.

Terbatasnya jumlah Bitcoin tersebut yang membuat nilainya jadi sangat tinggi. Bahkan nilai Bitcoin sekarang ini cenderung kian meninggi meski jumlah yang tertambang sudah mencapai 18 juta BTC.

Berbeda dengan altcoin, rata-rata tak dibatasi jumlah persediaannya. Memang terdapat Altcoin yang mempunyai batas suplai.

Namun tersedia juga token-token khusus yang tak terbatas. Umumnya token-token tersebut mempunyai utilitas khusus makanya harus terus diciptakan guna menunjang kegunaannya.

Biaya Transaksi Bitcoin dan Altcoin

Salah satu kelebihan dari berinvestasi Altcoin yakni biaya transaksi lebih rendah daripada Bitcoin. Biaya transaksi Altcoin umumnya relatif rendah untuk tiap transaksi.

Biaya transaksi yang rendah pastinya dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan investasi maupun trading aset tersebut. Berbeda dengan Altcoin, biaya transaksi di Bitcoin jauh lebih tinggi. Inilah yang jadi alasan mengapa orang lebih memilih Altcoin.

Keuntungan Bagi Penambang

Bitcoin adalah tolak ukur profitabilitas dari suatu tahap penambangan. Seluruh koin dinilai berhubungan dengan Bitcoin yang profitabilitasnya hampir tak berubah.

Beberapa Altcoin bisa ditambang dengan kartu video sebab kompleksitas komputasinya terbilang rendah. Proyek-proyek modern makin meninggalkan protokol penambangan menuju emisi yang PoS.

Keuntungan Bagi Pedagang

Sebab harga Bitcoin bergerak dalam suatu saluran, alat analisis teknis klasik ini dapat menjadi efektif. Secara khusus hal tersebut bisa digambarkan sebagai pompa gerakan yang impuls.

Altcoin sesungguhnya kurang menjanjikan guna diperdagangkan. Hal tersebut sebab altcoin yang dikapitalisasi lewat transit ke Bitcoin bisa meningkatkan korelasi dengan kriptokurensi utama sampai 90%.

Ini membuat proyek-proyek kecil bisa menerima kapitalisasi yang berasal dari sumber fiat. Dengan tetap menjaga stabilitas relatif dari nilai tukar.

Perbedaan Altcoin VS Bitcoin Berdasarkan Harga

Harga Bitcoin jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan Altcoin. Oleh sebab itu, ketika Bitcoin mengalami kenaikan, Altcoin juga ikut merasakan dampak positifnya.

Di mana para investor menjadikan alat pembayaran internasional tersebut sebagai salah satu alternatif investasi.

Demikian perbedaan Altcoin VS Bitcoin. Selain Altcoin dan Bitcoin, ada juga beberapa jenis produk keuangan lain yang telah diakomodasi via jaringan Decentralized Finance. DeFi adalah sistem keuangan terbuka.

Sistem ini dijalankan menggunakan teknologi Smart Contract. Smart Contract merupakan salah satu fungsi yang ada pada Blockchain. Programmer umumnya memakai sistem untuk membuat aplikasi dapat berjalan sepenuhnya di blockchain.

Download Coinomo di Play Store dan App Store untuk mendapatk berbagai informasi.