Tips bikin kalender murah

 

Kalender merupakan media yang digunakan untuk melihat tanggal, hari, hari-hari besar yang akan terjadi, hingga terdapat neton untuk masyarakat jawa. Kalender ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang untuk mencatat peristiwa penting. Tak heran banyak masyarakat yang bikin kalender murah dan membagikannya.

Namun saat ini banyak sekali orang-orang yang membuat kalender dengan kepentingannya sendiri, misal untuk hiasan di kamar, atau untuk dicetak sebagai bingkisan tahun baru. selain itu terdapat beberapa perusahaan yang memberikan kalender kepada karyawannya. Maka dari itu simak berikut untuk membuat kalender.

Tips bikin kalender murah

1. Design dibuat sendiri

Design yang akan ditampilkan pada kalender usahakan dibuat sendiri. Hal ini karena dapat memberikan harga yang lebih miring saat pencetakan. Design yang kalian pesan dari toko akan memiliki harga yang lebih mahal karena membuat design membutuhkan waktu yang lama.

Dengan design yang kalian ciptakan sendiri, pastinya akan membuat durasi percetakan semakin cingkat pula. Selain itu, design yang kalian gunakan disarankan untuk tidak terlalu ramai. Hal tersebut karena dapat membuat tanggal pada kalender menjadi tidak jelas dan tentunya akan membuat kebingungan tersendiri bagi pembaca.

2. Halaman bolak-balik

Jika kalian menginginkan untuk membuat kalender murah, tips lainnya adalah jangan membuat kalender pada setiap halamannya. Biasnaya kalender memiliki dua sis di mana salah satu sisinya polos dan sisi yang lain terdapat tanggal dan hari. Hal ini akan membuat biaya cetak menjadi lebih mahal.

Kalian harus membuat kalender dengan halaman bolak-balek, dengan bagian yang biasanya polos dan tidak berisi kalian dapat meminta untuk mengisi pada tanggal di bulan selanjutnya. Namun kertas yang dipakai untuk bolak-balik membutuhkan kertas yang sedikit tebal.

3. Ukuran kalender

Buat kalender dengan ukuran yang tidak terlalu besar karena semakin besar kalender maka biaya produksinya semakin mahal. Jika kalian menginginkan untuk mencetak kalender dengan harga yang lebih murah, disarankan untuk mencetak kalender dengan ukran yang kecil hingga sedang saja.

Itulah tips-tips untuk bikin kalender murah yang super hemat. Semoga bermanfaat dan memberi pengetahuan baru tentang percetakan buku ya. Perlu diingat untuk mencetak di tempat percetakan yang bagus untuk mendukung hasil dari cetak kalender yang kalian inginkan.