Tips Mudik Lebaran 2022 Perjalan Lebih Aman

Bagi para perantau yang mencari rezeki di kota lain. Saat yang paling ditunggu selama setahun sekali adalah saat mudik lebaran. Moment-moment bertemu dengan sanak saudara setelah sekian lama adalah hal yang paling membahagiakan.

 

Menjalin tali silaturahmi saat mudik lebaran dengan keluarga yang telah ditinggal merantau lama. Menjadi kegiatan wajib bagi para perantau yang pulang kampung. Biasanya ada ratusan ribu perantau yang mudik lebaran dari kota-kota besar ke kampung halaman. Orang-orang yang mudik lebaran akan memenuhi jalanan baik itu pakai motor, mobil, bus, kapal bahkan pesawat.

 

Nah, bagaimana agar mudik lebaran kita ditahun 2022 ini menjadi perjalanan mudik yang aman. Ada beberapa tips yang wajib anda ketahui agar perjalanan mudik lebaran anda menyenangkan. Berikut ini tipsnya.

 

1. Kendaraan Mudik

 

Yang paling utama adalah kendaraan apa yang akan anda gunakan untuk mudik. Apakah anda akan menggunakan motor, mobil, bus ataupun alat transportasi umum lainnya. Jika anggota keluarga cukup banyak hingga 5 orang, saran terbaik adalah menggunakan mobil sebagai kendaraan mudik lebaran anda.

 

Namun jika anda lebih memilih alat transportasi seperti bus atau pesawat, bisa juga. Tapi harga tiket alat transportasi umum tersebut akan sangat mahal pada hari lebaran. Kendaraan untuk mudik paling hemat dan nyaman untuk mudik yaitu mobil. Bagi anda yang tidak mempunyai mobil, solusi terbaik adalah menggunakan jasa rental mobil.

 

Rental mobil bisa memudahkan anda yang tidak mempunyai kendaraan mudik yang bisa menampung banyak anggota keluarga. Selain harganya yang murah, unit mobil yang ditawarkan bervariatif. Ada unit mobil kecil, mobil sedang, mobil keluarga hingga mobil besar. Tergantung kebutuhan anda yang mana.

 

2. Perikas kondisi kendaraan

 

Baik menggunakan mobil rental ataupun mobil pribadi, anda wajib mengecek semua kondisi mobil anda. Dari mulai kondisi ban, kondisi mesin, interior dan hal-hal sepele lainnya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dijalan nanti.

 

Jika kondisi mobil pribadi anda tidak memungkinkan untuk dibawa perjalanan jauh, saran terbaik adalah sewa mobil. Dengan sewa mobil anda bisa memilih mobil yang memiliki kondisi prima. Dan mobil yang bisa dipakai untuk perjalanan jauh dan muat orang banyak.

 

3. Google Maps

 

Di jaman sekarang ini, mengetahui jalur yang akan anda lewati dan jaraknya adalah hal yang penting dalam berkendara. Untuk itu diperlukan alat yang canggih seperti google maps yang bisa diinstall di smartpone anda. Dengan aplikasi google maps ini ada bisa emngetahui kondisi jalanan apakah sedang macet atau tidak. Dan lebih canggihnya lagi, google maps bisa mengarahkan anda ke jalur perjalanan yang anda tuju dengan benar.

 

Wajib punya aplikasi Goolge maps ya saat anda mau mudik lebaran nanti. Agar perjalanan anda semakin mudah dan tidak nyasar.

 

4. Cek Barang Bawaan

 

Bawalah barang bawaan atau oleh-oleh yang cukup dan tidak berlebihan. Membawa barang bawaaan yang berlebihan dalam kendaraan akan mengakibatkan overload atau kelebihan beban. Selain berbahaya, membawa barang bawaan bisa mengakibatkan kecelakaan dan membahayakan pengendara lain.

 

Apalagi jika ada polisi, anda bisa diberhentikan karena melanggar lalu lintas. Untuk itu, bawalah barang bawaan sewajarnya yang sekiranya penting untuk dibawa. Jangan melebihi muatan dengan membawa barang apapun yang anda inginkan.

 

5. Kotak P3K

 

Ini adalah salah satu persiapan mudik lebaran yang tidak kalah pentingnya. Kotak P3K bisa anda bawa saat mudik untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mabuk perjalanan, masuk angin dan lain sebagainya. Bawalah madician secukupnya yang sekiranya anda butuhkan diperjalanan nanti.

 

6. Persiapkan kondisi tubuh

 

Mudik lebaran adala suatu kegiatan yang melelahkan, karena akan menempuh perjalanan yang sangat jauh. Apalagi kampung halamannya berada sangat jauh diluar pulau. Mungkin butuh beberapa hari untuk menempuh perjalanan.

 

Nah, untuk itu jagalah kondisi kesehatan anda sebelum mudik lebaran. Makan-makanan yang bergizi dan berolahraga adalah solusi terbaik menjaga kesehatan. Dan jangan luba konsumsi vitamin serta buah-buahan agar kondisi anda bugar.

 

Nah itu beberapa tips mudik lebaran yang aman agar perjalanan anda nyaman. Pastikan anda tidak memaksakan saat nyetir mobil ya, jika anda meerasa lelah dan mengantuk saat di perjalanan, wajib beristirahat sejenak untuk melepas lelah. 

 

Selalu ingat Nemob jika butuh kendaraan prima untuk menemani mudik lebaran anda.