Rencanakan Rumahmu Sebaik Mungkin

rencana rumah tinggal

Sesuatu hal sering luput dari perhatian kita dalam membangun rumah kita adalah perencanaan yang bagus dan matang. Padahal tahapan perencanaan bangunan perumahan untuk tempat tinggal kita merupakan faktor yang sangat menentukan bagus tidaknya maupun mahal tidaknya bangunan fisik rumah kita. Selain itu faktor ini sangat menentukan kecocokan rumah yang dibangun apakah sesuai dengan kebutuihan dan keinginan kita.

Tahapan perancanaan rumah merupakan tahapan yang gampang gampang susah. Jika kita melakukan tahap demi tahap dengan runtut dan teliti perencanaan akan terasa gampang dan mudah. Sesuatu yang jelas kita harus memikirkan tahapan ini jika kita akan membangun sebuah rumah tinggal sehingga tidak ada yang luput nanti nya pas tahapan pembangunan fisiknya berlangsung.

Memang dirasa perlu untuk kita mencari bantuan tenaga profesional untuk merencanakan rumah kita, seperti bantuan biro jasa desain rumah yang bisa mewujudkan rencana yang tepat teliti dan sesuai dengan budget maupun kebutuhan kita. Akan tetapi tahapan perencanaan itu sendiri tidak sepenuhnya tergantung kepada tenaga profesional seperti perancang atau arsitek rumah pada semua tahapan perencanaannya. Tetap kita harus bisa mendeskripsikan dengan teliti kebutuhan dan keinginan kita terlebih darhulu sehingga proses perencanaan bisa terarah dengan benar dan interaksi dengan tenaga profesional dapat optimal sehingga bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari desainer rumah. Juga dari sisi desainer rumah dapat bekerja dengan terarah karena sudah mempunyai gambaran jelas tentang kebutuhan dan keinginan. Tinggal pengaplikasian kemampuan teknis dan pengalaman pembuatan rencana rumahnya untuk bisa menyelesaiakan permasalahan perencanaan dengan tepat dan dan teliti serta bagus hasilnya.

Memang sebagian besar tahapan perencanaan adalah pembuatan gambar desain rumah , akan tetapi ada hal lain juga yang termasuk dalam perencanaan itu sendiri antara lain data awal dari owner calon pemilik rumah yang akurat serta perencanaan anggaran biaya atau lazim disebut RAB untuk mendapatkan perkiraan biaya bangun fisik rumah sehingga bisa cocok dengan budget kita.

Dengan merencanakan bangunan rumah sebaik mungkin yang dimuilai dengan pendeskripsian kebutuhan dan keinghinan dengan tepat dan dibantu dengan tenaga profesional dan berinteaksi dengan optimal diharapkan bisa membuat rencana rumah yang baik dan optimal.